Tips sehat bagi penderita wasir

Wasir atau ambeien bisa kambuh kapanpun. Kami akan berbagi tips sehat penderita wasir yang terbukti cukup ampuh untuk mencegah dan mengurangi ketidaknyamanan akibat wasir.

Penyebab wasir

Moms dan Dads, berikut sejumlah penyebab terjadinya wasir:

  1. Duduk terlalu lama.
  2. Sering mengejan saat buang air besar.
  3. Konstipasi.
  4. Pasca melahirkan.
  5. Kurang asupan serat
  6. Berat badan berlebih.
work at office
Duduk terlalu lama dapat memperparah kondisi wasir. (Gambar: “RMSC” by David Dawson – lisensi creative common)

 

Tips menghadapi wasir

Perlu diketahui, wasir dapat bertambah parah jika penderita mengabaikannya. Kebiasaan buruk yang kita lakukan dapat memperburuk keadaan. Oleh karena itu kami akan berbagi beberapa tips agar wasir anda tetap aman dan tidak bertambah parah:

  1. Banyak menkonsumsi air putih, minimal 8 gelas perhari atau setara dengan 2 liter air. Air putih membuat feses menjadi lembek sehingga mudah keluar.
  2. Hindari minuman bersoda, minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga dapat memperparah keadaan luka penderita wasir.
  3. Konsumsi cukup serat (sayur dan buah) beberapa sayur dan buah yang direkomendasikan yaitu bayam, kangkung, buncis, apel, pir, dan pepaya. Serat membantu memperbaiki struktur feses sehingga tidak mengeras.
  4. Anda bisa mengganti asupan karbohidrat anda (nasi atau roti) dengan yang lebih tinggi serat. Makanan mengandung karbohidrat namun tinggi serat seperti ubi dan oat.
  5. Hindari makanan yang pedas dan bumbu tajam (misal banyak cabai didalamnya), capcaicin yang terkandung dalam cabai dapat memperburuk keadaan luka wasir anda.
  6. Seringlah berolah raga, misal olah raga ringan dengan berjalan sekitar rumah atau sekedar stretching.
  7. Hindari duduk terlalu lama. Ini juga termasuk ketika anda buang air besar.
  8. Banyak konsumsi vitamin C, vitamin ini membantu penutupan luka wasir. Vitamin C dapat anda peroleh dari buah-buahan atau dari produk komersial di pasaran.
  9. Jika dalam satu pekan, kondisi anda tidak membaik, segeralah ke dokter spesialis bedah ya. Dokter biasanya akan memberikan obat untuk mengurangi peradangan di sekitar anus. Obat dapat dimasukkan melalui anus atau hanya dioleskan.
Buah-buahan
Buah-buahan sangat baik dikonsumsi oleh penderita wasir. (Gambar: dalamrumah.com)

 

Wasir bukanlah penyakit yang berbahaya jika segera tertangani. Sekian dulu semoga artikel tips sehat penderita wasir ini membantu ya..

Baca juga: Resep minuman segar yang mengandung banyak serat

 

 

Arliana Fajrin

S1 Biologi. Full mom. Owner Adagamis store dan blog Dalamrumah.