Tips jualan tanpa modal ala emak-emak

Jualan tanpa modal, memang bisa ya Moms? Berikut kami share pengalaman kami dalam tips jualan tanpa modal ala emak-emak.

Sebagai Ibu rumah tangga memang kita harus pandai mengelola keuangan dalam rumah ya. Jangan sampai uang belanja malah habis buat beli skincare mahal. Wah, nanti di akhir bulan yang bingung juga kita sendiri. Solusinya adalah kita bisa tetap punya penghasilan untuk beli lipstik, syukur-syukur kalau ditekuni bisa beli kulkas.

Nah gimana caranya kalo kita pengen jualan tapi kepentok modal?

Online atau offline

Tentukan terlebih dahulu, anda ingin berjualan secara online atau offline. Saran saya jika anda masih memiliki anak-anak yang masih dalam pengasuhan anda lebih baik anda berjualan online. Hal itu karena lebih hemat waktu dan tempat.

Jika anda sudah memilih untuk berjualan secara online, pastikan anda sudah punya ‘pilihan produk’ yang akan anda jual tentunya setelah mempertimbangkan harga, target pembeli, dan resiko. Namun jika anda ingin berjualan secara offline, berjualan makanan yang unik dan sehat atau jajanan pasar bisa jadi pilihan. Anda bisa menggunakan sistem pre-order atau akan dibuatkan setelah ada pesanan dan pembeli telah membayar.

Baca juga: Ide jualan cemilan menarik

Tanpa modal?

Jika anda ingin berjualan secara online tanpa modal, bergabunglah menjadi reseller dari seorang agen, distributor, atau suplier. Jangan sekali-kali tergiur untuk menumpuk stok barang jika anda sangat baru di dunia per-olshop-an.

Menjadi reseller ini sangat mudah, eits ini bukan iklan. Anda hanya mengupload gambar jualan agen anda di media sosial bisa lewat instagram, facebook, maupun web. Jual dengan harga yang telah disepakati kemudian anda akan mendapatkan fee atau potongan harga. Cukup simpel menurut saya untuk seorang ibu rumah tangga. Dan keuntungan pun juga lumayan.

Cerita sedikit sebelum menjadi agen my q**na (sebuah brand lokal yang memproduksi tas dan dompet) saya adalah seorang reseller. Dari keuntungan yang didapat, perlahan kemudian bisa menjadi agen.

Keuntungan menjadi reseller adalah kita tidak perlu stok barang dan tidak perlu mengirim barang. Pekerjaan itu akan dilakukan oleh agen atau admin pusat, mudah bukan. Intinya dalam berdagang adalah kesabaran. Bagi para pemula, bersabarlah dalam membangun personal branding.

Personal Branding

Personal branding adalah proses memasarkan diri melalui citra. Cara mudahnya adalah mengenalkan kepada khalayak umum bahwa anda berjualan suatu produk tertentu. Untuk memulai personal branding cobalah memilih produk yang berkualitas. Hal ini bertujuan membentuk citra yang baik, anda bisa memperoleh kepercayaan dari konsumen. Selanjutnya akan mendapat pelanggan yang bersedia repeat order jika puas dengan barang yang anda jual.

Kesimpulan tips jualan tanpa modal

Intinya Moms bersabarlah dan jangan patah semangat dalam berjualan demi menambah pundi-pundi sehingga bisa membeli lipstik tanpa menganggu keuangan rumah tangga.

Demikian tips jualan tanpa modal ala emak-emak. Semoga bermanfaat ya.

 

 

Arliana Fajrin

S1 Biologi. Full mom. Owner Adagamis store dan blog Dalamrumah.