Perkakas tukang yang wajib ada di rumah

Artikel ini ditujukan kepada laki-laki yang baru menikah dan belum tahu perkakas tukang apa yang harus dimiliki. Nah, di tulisan ini saya akan menyampaikan beberapa perkakas tukang yang wajib ada di rumah.

Sudah lazim jika seorang pria dekat dengan perkakas tukang. Bahkan, istri saya berkata bahwa seorang suami itu harus bisa menjadi tukang kayu, tukang listrik, dan tukang batu sekaligus.

Perkakas pertukangan sangat beragam, tentu saja tidak bisa kita beli semua. Selain biaya, tentu saja perkakas yang banyak juga akan memakan banyak space di rumah anda.

Mengapa harus memiliki alat-alat tersebut? Bukankah bisa meminta tukang yang asli. Jawabannya adalah waktu dan biaya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanggil tukang. Anda juga harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan.

Baik, berikut perkakas tukang yang wajib ada di rumah:

1. Palu

Palu sering disebut juga dengan martil. Benda ini mungkin merupakan alat paling tua yang ditemukan dalam sejarah manusia.

Awalnya hanya berupa batu yang diikat dengan kulit pada sebatang kayu. Manusia menggunakan palu prasejarah tersebut untuk memecah kerang, buah, atau tulang.

Bahan penyusun kepala palu berkembang dari awalnya batu, tembaga, besi, hingga baja. Dewasa ini, jenis palu pun sangat beragam bentuk, ukuran, dan bahan penyusunnya.

Berikut beberapa jenis palu yang pernah saya temui:

Palu paku (nail/claw hammer)

Terdiri dari sisi rata dan sisi lainnya seperti pencungkil. Nah, bagian pencungkil tersebut dapat digunakan untuk menarik paku dari kayu.

Tetapi sebaiknya hati-hati dalam penggunaannya. Pernah saya alami, tangkai palu patah ketika saya mencoba mencungkil paku.

palu paku
Palu paku paling ideal untuk kebutuhan rumahan. (Gambar: “Nails and a hammer” by Marco Verch – lisensi creative common)

 

Palu konde (ball-peen hammer)

Memiliki kepala palu dengan dua sisi yaitu rata dan membulat. Bagian rata digunakan untuk memaku, sedangkan bagian membulat untuk membuat cekungan pada permukaan suatu benda.

Palu karet (rubber hammer/mallet)

Bagian kepala palu ini terbuat dari materi karet. Umumnya digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan kehati-hatian. Misalnya memasang keramik, memukul plat, atau memahat.

Palu kayu (Joiners mallet)

Bagian kepala palu tipe ini berupa kayu. Memiliki fungsi seperti palu karet. Saya sering menjumpai palu ini digunakan pemahat kayu. Saya juga pernah menjumpai palu ini dipakai oleh pemahat wayang kulit.

Palu godam (sledgehammer)

Ini ukurannya jumbo. Palu ini digunakan untuk menghancurkan sesuatu yang super keras.

Palu godam bertangkai panjang dioperasikan dengan dua tangan. Sedangkan jenis yang bertangkai pendek dapat dioperasikan dengan satu tangan. Biasanya terkait dengan ketersediaan ruang pada saat pemukulan dengan palu tersebut.

Palu godam sledgehammer
Palu godam tangkai panjang. (Gambar: “Sledgehammer” by Brandon Hageman – lisensi creative common)

 

Jenis palu yang lain sangat beragam seperti palu tembaga, palu pandai besi, palu daging, palu darurat, dsb. Bahkan mungkin banyak yang saya tidak tahu namanya.

Umumnya dalam rumah tangga, palu digunakan untuk memaku tembok atau kayu. Oleh karena itu, saya sarankan anda membeli jenis palu paku. Jenis ini memiliki fleksibilitas penggunaan yang cukup luas.

Pilihlah palu paku yang berukuran sedang. Pastikan materialnya berkualitas sehingga dapat bertahan lama.

 

2. Gergaji

Alat ini berfungsi memotong benda yang cukup keras atau tebal. Berbagai jenis gergaji memiliki gerigi tajam dengan pola dan kerapatan yang berbeda.

Dapat pula dibedakan berdasarkan tenaga yang digunakan, yaitu tenaga mesin dan tenaga manusia. Untuk kebutuhan sederhana di rumah tangga, sebaiknya anda memiliki dua jenis gergaji di bawah ini:

Gergaji kayu / tangan (hand saw)

Tipe ini umum digunakan untuk memotong kayu berdiameter kecil. Geriginya yang cukup besar dapat kita manfaatkan untuk memotong ranting pohon.

gergaji kayu
Gergaji kayu. (Gambar: dalamrumah.com)

 

Gergaji besi (hack saw)

Jenis gergaji ini memiliki gerigi yang rapat dan sangat tajam. Saya biasa menggunakannya untuk memotong besi tipis, plastik, atau triplek.

 

Baca juga: Cara membuat SIM C dengan jujur

 

3. Tang

Tidak bisa tidak, anda harus mempunyai alat ini di tool box. Alat yang bekerja berdasarkan prinsip pengungkit ini akan memudahkan pekerjaan anda.

Tang dapat anda manfaatkan untuk membengkokkan kawat, memotong kabel, mencengkeram baut, dan membantu dalam memaku.

Terdapat beberapa jenis tang diantaranya tang kombinasi (combination pliers), tang lancip (nose pliers), dan tang potong (cutting pliers). Untuk keperluan sehari-hari, anda sebaiknya memiliki satu tang kombinasi ukuran sedang.

tang kombinasi
Tang kombinasi. (Gambar: dalamrumah.com)

 

4. Obeng

Terkadang kita harus membuka alat elektronik atau perangkat sederhana. Obeng anda butuhkan untuk membuka sekrup perangkat elektronik tersebut.

Berbagai jenis obeng dapat anda temukan di pasaran. Berdasarkan sumber kekuatan terdapat obeng elektrik ataupun obeng tangan.

Ujung obeng dapat berbentuk minus (flat head), plus (philips head), sampai bentuk yang lain yang bermacam-macam.

Bentuk ujung obeng minus banyak digunakan. Walaupun cukup mudah slip kalau kita gunakan untuk membuka sekrup minus. Anda harus menekan dengan kuat supaya kepala sekrup minus tidak rusak karena gesekan dengan obeng.

Ujung obeng plus menurut saya lebih baik dari obeng minus. Bentuk ujungnya meruncing / mengecil. Hal itu menjadikan kepala obeng dapat jauh masuk ke kepala sekrup. Hasilnya grip akan semakin kuat.

Sekrup plus dan minus memang banyak dijumpai. Tetapi tidak perlu membeli obeng plus dan minus secara terpisah. Anda cukup membeli obeng yang bisa bolak-balik (plus-minus).

Bahkan sekarang anda bisa membeli satu set obeng berbagai bentuk. Cukup dengan harga kurang dari 100 ribuan saja. Maaf, bukan iklan.

obeng screwdriver
Beberapa jenis obeng manual. (Gambar: “Screwdrivers” by Emil – lisensi creative common)

 

Jika perlu anda dapat membeli obeng test-pen (tester screwdriver) untuk mendeteksi adanya arus listrik pada kabel. Tetapi saya harap anda berhati-hati dalam menggunakannya.

Sebaiknya anda mematikan total seluruh sumber aliran listrik sebelum memperbaiki perangkat elektronik atau perkabelan.

 

5. Kunci pas

Suatu saat anda akan membutuhkan alat tersebut. Anda bisa menggunakannya untuk memperbaiki kerusakan ringan pada sepeda atau sepeda motor.

Harganya pun cukup terjangkau untuk kualitas yang lumayan. Bahkan, ada toko yang menjualnya dalam bentuk eceran.

Sebenarnya terdapat berbagai jenis kunci, diantaranya:

Kunci pas (open-end wrench)

Kunci ini memiliki ujung terbuka berbentuk seperti huruf C. Mudah digunakan dan ringan. Tetapi grip kunci pas ini kurang kuat. Hal ini karena permukaan kontak dengan baut hanya dua sisi.

kunci pas
Kunci pas berbagai ukuran. (Gambar: dalamrumah.com)

 

Kunci ring (box-end wrench)

Ujung kunci berbentuk ring. Jenis ini merupakan salah satu jenis kunci dengan grip yang tergolong kuat.

Kunci kombinasi pas-ring (combination wrench)

Memiliki ujung dengan kombinasi kunci pas di satu ujung dan kunci ring di ujung yang lain.

Kunci shock (socket wrench)

Kunci ini menawarkan kenyamanan dalam penggunaan. Kalau anda bekerja di sudut sempit, maka kunci tipe ini sangat cocok.

Selain itu, batang kunci shock ini dapat anda sambung dengan silinder besi panjang. Itu kalau anda menemui baut yang susah dibuka.

Kunci Inggris (Adjustable/monkey wrench)

Menawarkan kemudahan seperti kunci pas namun lebar sempit ujungnya dapat disetel. Cocok digunakan kalau tidak ada ukuran kunci pas yang cocok dengan baut yang anda temui.

Kunci L (Allen wrench)

Kalau ini tipe bautnya beda. Kunci L ini berbentuk seperti batang besi berbentuk segi enam yang dibengkokkan.

Demikian beberapa perkakas tukang yang wajib ada di rumah. Barangkali anda bisa tambahkan sabit atau cetok jika anda gemar berkebun.

Baca juga: Tips memilih mesin cuci

 

 

Rahadian Yudo H.

Lecturer. Illustrator. Content writer.

 


Sumber:

  1. Anne Reagan – Porch
  2. David S. Milles – Toolshaven
  3. Adam Harris – Healthyhandyman
  4. Audrylea Reika – Tokopedia
  5. Daruma

Leave a Reply