Memecah kebosanan di rumah selama pandemi

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita akan ditimpa kebosanan selama lockdown di rumah. Bagaimana kita memecah kebosanan di rumah selama pandemi?

Sebelumnya saya bertanya kepada moms semua, sudah berapa lama di rumah aja nih? Mungkin bervariasi ya ada yang 2 bulan, 3 bulan, atau lebih. Bahkan mungkin seperti saya sudah 5 bulan di rumah saja dan ga kemana-mana.

Bosan dan rindu dengan keluarga di kampung pasti ada ya moms, tapi jangan terlena dengan kelonggaran ya. Kita harus tetap menjaga protokol kesehatan dan menuruti anjuran pemerintah.

Kita orang dewasa aja dilanda kebosanan apalagi anak-anak yang nalurinya selalu ingin main keluar rumah bersama teman-teman. Sekolah pun menganjurkan siswa mereka untuk daring atau sekolah di rumah, lengkap sudah ya moms.

Berikut ada beberapa tips mom dari saya untuk memecah kebosanan kita di rumah selama pandemi:

1. Membereskan rumah

Jika sudah dilanda kesuntukan dan kebosanan dirumah, saya akan menata ulang kembali tatanan rumah. Saya menggunakan Metode KonMari untuk menata rumah, sudah tiga tahun saya menerapkannya.

Meskipun hanya memindah meja atau kursi, yakinlah moms itu sangat membantu menaikkan mood lagi.

Ditambah lagi dengan membereskan debu-debu yang lama bersarang disitu, udara jadi segar. Kalau rumah bersih dan rapi dijamin mood akan naik kembali.

Dalam kegiatan ini, moms juga bisa mengajak anak-anak untuk berperan. Libatkan anak dalam kegiatan merapikan mainan dan buku-buku mereka sendiri moms.

Kegiatan ini pun juga menunjang lifeskill dan melatih anak mandiri, serta mendisiplinkan untuk membereskan mainannya kembali seusai digunakan.

Aturlah pula mainan mereka pada tempat yang mudah dijangkau. Salah satu pembelajaran bagi mereka adalah dengan menempatkan benda termasuk mainannya pada tempat yang mudah dijangkau, agar anak tidak kesulitan mengambil dan mengembalikan mainannya ke tempat semula.

Klik gambar untuk membeli rak berkualitas dari Lazada

 

2. Melakukan olahraga ringan

Jika moms sudah mulai uring-uringan dan badan sudah mulai tidak enak, mulailah untuk olahraga ringan. Ada beberapa olahraga ringan yang saya rekomendasikan, olahraga ini pernah saya praktekkan dan tanpa keluar biaya ya moms.

Senam aerobik

Cukup buka youtube moms di situ banyak sekali video senam, ikutilah gerakannya bersama suami dan anak-anak.

Olahraga merupakan salah satu usaha meningkatkan hormon endorfin moms, ini merupakan hormon yang membuat orang menjadi tenang dan bahagia.

Yoga

Gerakan yoga cukup ringan dan cenderung pelan ya moms, ini juga dapat meningkat hormon endorfin, selain itu yoga bisa menjadi meditasi yang dipercaya mampu menurunkan tingkat stres.

Jalan pagi

Jalan pagi keliling kompleks atau di pinggiran sawah bisa menjadi quality time lho moms. Selain badan sehat dan menghirup udara segar, anak-anak pun biasanya akan sangat senang jika diajak jalan-jalan. Jangan lupa untuk selalu pakai masker ya moms.

Bersepeda

Menurut saya bersepeda ini juga aktivitas yang sangat menyenangkan. Moms bisa bersepeda dengan si kecil, tetapi di jalan kompleks rumah aja ya moms. Tetap menjaga protokol kesehatan saat berolahraga

Bulu tangkis

Olahraga ini mungkin belum bisa dilakukan bersama anak jika anak kita masih balita. Tetapi jika anak sudah usia 7 tahun ke atas olahraga ini recomended lho moms. Bulu tangkis melatih refleks dan kekuatan otot.

make over lazada dua

 

3. Menyalurkan hobi

Salah satu kegiatan yang bisa dihabiskan selama pandemi agar moms tidak bosan adalah menyalurkan hobi. Bagi anda yang hobi baking, anda bisa mencoba resep baru yang menarik dan praktekkan bersama anak-anak.

Memasak bersama anak-anak juga menambah lifeskill dan termasuk pembelajaran di taman kanak-kanak lho moms, masuk dalam pelajaran cooking class.

Selain itu, ada banyak hobi yang bisa kita salurkan apalagi di masa pandemi, anggap saja penyaluran hobi ini sebagai me time kita ya moms. Yap meskipun dirumah saja, nyatanya aktivitas kita mungkin malah bertambah banyak ya moms.

Apalagi kita harus menjadi guru untuk sekolah anak kita di rumah. Oleh karenanya me time ini jelas sangat perlu moms. Istilahnya menjaga agar pikiran kita tetap waras. Omong-omong hobi moms apa nih?

Baca juga: Resep-resep yang menarik untuk dicoba

butter halal anchor
Butter Anchor HALAL. Klik gambar untuk mendapatkan diskon menarik dari Lazada.

 

4. Membaca buku

Membaca buku merupakan aktivitas yang menyenangkan ya moms. Aktivitas ini dapat membuka jendela pikiran dan meluaskan pandangan kita.

Aktivitas membaca ini bisa banget dilakukan bersama anak. Kita bisa membuat jadwal untuk literasi time. Fleksibel aja moms, yang penting bisa duduk memakai daster dengan buku di tangan.

Ini juga bisa membiasakan anak kita untuk membaca buku. Sedih banget kan mom kalo minat baca orang indonesia rendah, nah kita bisa membentuk kebiasaan membaca buku mulai dari anak kita.

Ada banyak sekali buku-buku menyenangkan dan recomended ya moms, tinggal sesuaikan saja dengan budget.

 

5. Menonton film

Siapa yang tidak suka menonton film ya moms. Tapi pilihlah film yang menunjang pembelajaran anak ya moms. Jangan sampai tontonan yang justru merusak moral dan mental anak. Hindari genre seperti action dan horor.

Sekarang sudah banyak TV berbayar yang menyediakan tontonan berkualitas. Jangan lupa selalu mendampingi ketika anak menonton film.

 

6. Bercocok tanam

Jika mempunyai lahan yang kosong, bisa banget lho moms untuk ditanami dengan tanaman sayuran. Seperti cabai, tomat, bayam, kangkung, pakcoy, dsb.

Jika ingin memulai bercocok tanam mulai lah dari tanaman yang mudah dalam perawatannya dan bertahan lama seperti yang saya sebutkan tadi. Moms juga dapat menanam aneka bunga yang bibitnya bisa dibeli di toko bibit.

Jika moms tidak memiliki lahan, cukuplah menanam dengan pot atau polibag. Sekarang banyak inovasi tabulampot (tanaman buah dalam pot) bisa searching di instagram. Bahkan bercocok tanam di rumah ini sudah ada komunitas nya moms.

 

7. Beternak dan memelihara ikan

Kejenuhan di rumah juga bisa diobati dengan beternak moms, beberapa hewan yang mudah diternak yaitu ayam, bebek, ikan nila, ikan lele, dan ikan gurameh. Selain mengisi waktu luang, jika digeluti kegiatan ini juga bisa menambah penghasilan selama pandemi moms.

 

8. Membuat kreativitas bersama anak

Kegiatan yang terakhir ini bebas banget ya moms, bisa melakukan aktivitas apapun bersama anak seperti:

  • Menggambar
  • Mewarnai
  • Melukis
  • Main tebak-tebakan
  • Berkreasi dengan kain flanel
  • Berkreasi dengan kardus
  • Bermain lego
  • Berhitung bersama
  • Camping di rumah
Saya sudah beli dua tenda model begini untuk anak-anak. Klik gambar untuk membeli dari Lazada dengan harga sangat terjangkau.

 

Baik, ternyata ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan bersama anak. Hanya terkadang kita malas atau berat memulainya.

Kadang sebagian dari kita terlena dengan adanya handphone di tangan, hingga pandemi ini kita hanya mengeluh bosan dan bosan.

Praktekkan saja aktivitas untuk memecah kebosanan di rumah selama pandemi yang saya sebutkan di atas. Semoga tetap sehat fisik dan mental ya moms.

Baca juga: Peluang bisnis daster yang menjanjikan di masa pandemi

 

 

Arliana Fajrin, S.Si.

S1 Biologi. Full mom hobi memasak dan menulis. Owner Adagamis store dan blog Dalamrumah. Terus belajar dan berbagi ilmu.


 

Disclosure:

Postingan ini mungkin berisi promosi produk jualan kami atau tautan afiliasi produk. Jika anda membeli melalui link rekomendasi kami, tidak ada biaya tambahan untuk Anda. Bahkan pada sejumlah produk dapat berpotensi mendapat diskon jika menggunakan kode referal. Dengan sistem ini, kami mungkin mendapat sedikit komisi dari pemilik produk.

Kami berusaha menulis kelebihan dan kekurangan produk secara obyektif. Kami hanya merekomendasikan produk yang kami gunakan sendiri atau berdasarkan studi literatur yang ada. Semua pendapat yang diungkapkan di sini adalah milik kami sendiri.