Macam-macam tas wanita dan tips memilihnya

Tas merupakan salah satu barang yang menjadi favorit para kaum hawa. Faktanya hampir seratus persen wanita pasti memiliki tas. Karena tas merupakan barang favorit, maka memilihnya pun nggak boleh asal-asalan ya moms. Yuk simak artikel mengenai macam-macam tas wanita dan tips dalam memilihnya.

Ragam tas wanita

Ada banyak model tas, lebih dari 20 model tas secara garis besar moms. Tapi disini saya akan menyampaikan beberapa saja ya.. karena nanti ga kelar-kelar bacanya kalau semua disampaikan.

1. Backpack / tas punggung

Backpack atau lebih dikenal dengan tas punggung, dulu lebih sering digunakan oleh anak sekolah atau kaum pria.

Sekarang model tas ini sudah jamak dikenakan oleh kaum wanita baik siswi, mahasiswi, maupun karyawan atau pekerja kantoran. Bahkan, ibu-ibu nge-hits sekarang juga mulai menggunakan tas ransel karena isinya banyak dan simpel.

Model tas punggung ini ada beberapa variasi gaya dan ukuran tergantung penggunaannya. Ada yang berukuran sangat besar hingga mini backpack. Untuk kaum pria biasanya warnanya pun dipilih warna warna gelap dibandingkan dengan wanita yang banyak menggunakan warna-warna pastel.

 

2. Clutch Bag

Clutch bag termasuk jenis tas wanita yang sering digunakan untuk kegiatan formal seperti resepsi pernikahan dan acara seremonial lainnya.

Tas ini umumnya berbentuk kotak, ciri khas tas ini memiliki penutup berupa stainless steel yang kuat namun tetap elegan.

Tas ini biasanya berukuran kecil sehingga nyaman untuk digenggam.

Tas ini biasanya digunakan untuk mendukung tampilan fashion-mu karena digunakan sebagai aksesoris. Saat memakai tas ini, anda akan terkesan cantik, anggun, dan berkelas.

3. Wrislet Bag

Wirslet Bag merupakan salah satu jenis tas wanita yang bentuknya mirip dengan clutch bag. Bedanya, tas ini menggunakan tali kecil yang digunakan melingkar di pergelangan tangan (wrist).

Tas ini  digunakan untuk acara-acara formal yang tidak perlu membawa banyak barang.

Umumnya bahan yang digunakan dalam pembuatan wrislet adalah kulit sapi asli, tetapi tidak jarang sekarang sudah menggunakan bahan suede atau kulit sintetis.

4. Baguette

Tas model ini hampir mirip dengan tas wrislet dan clutch, bedanya yaitu tas baguette biasanya dijinjing dan ukurannya pun lebih besar bila dibandingkan dengan clutch bag.

Ukuran tas yang sedikit lebih besar daripada clutch bag menjadikannya dapat menampung banyak barang saat hendak bepergian. Jika anda serung lupa, hati-hati karena kadang dapat tertinggal di tempat duduk anda.

Tas ini dapat diisi dengan barang-barang seperti handphone, alat-alat kosmetik, dan barang-barang lainnya.

 

5. Cigar Box Bag

Sesuai dengan namanya, tas ini kotak semacam box. Dulunya terbuat dari bahan kertas yang kaku, besi, atau bambu. Tas ini bisa dipakai untuk menyimpan perhiasan, barang-barang hadiah, atau makanan.

 

6. Field Bag

Tas ini sangat cocok digunakan untuk pergi ke kampus, sekolah, atau hangout bersama teman-teman. Pada jaman dulu, tas ini merupakan tas yang populer pada kondisi perang untuk membawa peralatan medis dan peralatan komunikasi.

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan tas ini bermacam-macam, mulai dari bahan kain sampai kulit. Dan uniknya tas ini bisa menyesuaikan dengan usia si pengguna dalam hal corak dan desainnya. Macam tas wanita ini sangat terlihat keren yang terbuat dari bahan kulit.

 

7. Tote Bag

Tas ini menjadi favorit ibu-ibu, karena muatannya yang banyak dan bisa dibawa dengan ditenteng. Terlebih ibu yang memiliki bayi, tas ini begitu praktis.

Tote bag biasa terbuat dari bahan yang bermacam-macam mulai dari kulit, kanvas, atau nilon. Bentuknya simpel dan coraknya yang tidak membosankan sehingga banyak diminati oleh banyak kaum wanita.

Bahan dari tote bag juga bisa menambah nilai penampilanmu lho mom, misal tote bag berbahan kanvas akan membuat moms menjadi lebih muda dan humble. Sedangkan bahan kulit sintetis akan membuat moms lebih keibuan bukan nampak tua lho ya.

 

8. Messenger Bag

Jenis tas wanita ini terinspirasi dari model tas tukang pos. Biasanya pak pos menggunakan tas selempang yang melingkar melewati dada dan jatuh ke samping.

Ukurannya agak besar tapi tetap simpel, cocok bagi anda yang tidak terlalu menyukai tas yang terkesan “ramai”. Tas model ini sekarang juga banyak digunakan oleh pria dan wanita karena aman dalam menyimpan berkas-berkas yang dibawa. Jika anda menggunakan akan terkesan dewasa dan mandiri.

 

9. Bucket /Pouch bag

Pouch Bag atau biasa dikenal dengan Bucket Bag adalah jenis tas wanita yang mempunyai kerutan pada bagian leher tasnya. Tas ini biasa digunakan untuk aktivitas santai sehari-hari.

Biasanya jenis tas ini tidak mempunyai resleting, untuk menguncinya hanya tinggal mengencangkan talinya yang melingkar di bagian leher tas tersebut. Namun kini pouch pun mengalami modifikasi dari model yang sederhana hingga yang sedikit rumit.

Baca juga: Tips memilih daster rumahan yang tepat

 

Tips memilih tas

Nah, setelah anda mengetahui macam-macam tas wanita, maka saya akan menyampaikan tips memilih tas. Tips ini bisa dipakai bagi anda yang ingin membeli tas secara online maupun offline. Saya pun sudah mempraktekkan tips ini moms, hasilnya nggak nyesel membeli tas dan masih saya pakai sampai saat ini.

1. Sesuaikan budget

Tips yang pertama ini penting sekali ya moms, pastikan budget moms mencukupi, jangan hanya laper mata trus kepengen beli.

Jangan sampai uang belanja kebutuhan sehari-hari malah dipakai untuk beli tas ya moms. Kalau budget belum ada lebih baik menabung dulu.

Selain itu saya juga tidak menyarankan arisan barang, Saya prefer ke menabung atau menyicil kepada penjual yang terpercaya.

 

2. Pilihlah brand yang tepat

Ada banyak brand dalam dunia fashion dari yang harga ratusan ribu hingga puluhan juta. Brand tersebut beragam baik dari lokal maupun import. Semua ada plus minus nya. Saya sudah pernah merasakan membeli tas import ada yang sesuai ekspektasi beberapa enggak.

Jangan mudah percaya dengan foto ya moms, lihat lagi produknya lebih teliti. Terkadang foto produk ini juga bisa menipu. Makanya tanyakan real pict-nya jika perlu.

Pentingnya memilih brand yang sudah terkenal adalah akan banyak testimoni disitu, maka kita akan sedikit memiliki gambaran tentang produk tersebut. Terlebih jika membeli secara online yang kita tidak bisa merasakan langsung bahannya maka disini real pict dan video produk sangat dibutuhkan.

 

3. Cermatlah dalam memilih bahan tas

Ada beberapa bahan dalam pembuatan tas yaitu:

  • Kulit. Bisa dari kulit sapi, domba bahkan ada yang terbuat dari kulit ikan pari.
  • Kulit sintetis. Bahan ini mulai digemari wanita karena harganya yang lebih ekonomis dengan kualitas yang cukup bagus. Tetapi hati-hati dengan bahan yang palsu ya.
  • Kanvas. Bahan kanvas ini ada yang tipis dan ada yang tebal. Jangan lupa pilih kanvas yang tebal agar tidak berubah bentuk saat anda memasukkan barang ke dalam-nya
  • Mika. Beberapa bulan yang lalu mulai nge-hits banget tas berbahan mika, terlihat transparan memang tapi ada beberapa wanita yang menyukai model yang seperti ini.
  • Parasut. Tas dengan bahan ini biasanya didesain menjadi tas yang waterproof. Pastikan bahan parasutnya yang bagus dan tebal ya.

Tas berbahan mika

 

4. Perhatikan spesifikasi tas dengan benar

Perhatikan spek tas yang akan anda beli. Spesifikasi seperti: ada berapa kantong didalamnya, bagaimana resletingnya, ukuran tasnya, dsb. Jangan sampai anda menyesal hanya karena kurang jeli membaca dan bertanya kepada si penjual.

 

5. Jika membeli secara online pilihlah olshop yang amanah

Sekarang lagi marak penipuan ya moms, perhatikan betul-betul olshop-nya, tanyakanlah testimoni para pembeli. Dan tanyakan pula real pict jika diperlukan.

 

6. Jangan lupa tanyakan garansi produk

Ada beberapa brand tas yang memberikan garansi untuk tasnya, misalnya penggantian resleting yang rusak atau tali yang putus, tanyakan saja pada penjual.

Seperti merk Myqeena yang memberi garansi apabila terjadi kerusakan resleting seumur hidup.

 

7. Bonus apa saja yang didapat

Tas yang bagus biasanya dilengkapi dengan dust bag untuk menyimpan tas itu sendiri, adapula yang memberi bonus cairan pembersih tas.

 

8. Pilihlah metode pengiriman yang aman untuk tas

Mintalah penjual untuk hati-hati dalam membungkus agar tidak ada kerusakan tas selama pengiriman. Gunakan bubble wrap saat pengiriman produk agar tidak ada lecet saat pengiriman.

 

9. Perhatikan betuk badan dalam memilih tas

Tanpa menyinggung fisik masing-masing orang ya moms, jika berbadan besar pilihlah ukuran tas yang sewajarnya. Jangan terlalu besar karena akan terlihat sangat penuh. Sedangkan, jika moms berbadan kurus silahkan memilih tas ukuran sedang hingga besar.

Tinggi badan pun juga mempengaruhi ya moms. Moms yang memiliki tinggi semampai lebih fleksibel dalam memilih tas.

Bagi moms yang pendek dan sedang, usahakan jangan memilih tote bag, karena tas ini dibawa dengan cara dijinjing, bisa-bisa tas ini akan menyentuh tanah, pilihlah tas dengan selempang bahu.

Begitulah moms tulisan mengenai macam-macam tas wanita dan tips memilih tas. Jika moms masih bingung dalam memlih tas, bisa berdiskusi dengan kami, atau bisa juga membeli dan melihat katalog produk kami disini.

 

 

Arliana Fajrin, S.Si.

S1 Biologi. Full mom hobi memasak dan menulis. Owner Adagamis store dan blog Dalamrumah. Terus belajar dan berbagi ilmu.


 

Disclosure:

Postingan ini mungkin berisi promosi produk jualan kami atau tautan afiliasi produk. Jika anda membeli melalui link rekomendasi kami, tidak ada biaya tambahan untuk Anda. Bahkan pada sejumlah produk dapat berpotensi mendapat diskon jika menggunakan kode referal. Dengan sistem ini, kami mungkin mendapat sedikit komisi dari pemilik produk.

Kami berusaha menulis kelebihan dan kekurangan produk secara obyektif. Kami hanya merekomendasikan produk yang kami gunakan sendiri atau berdasarkan studi literatur yang ada. Semua pendapat yang diungkapkan di sini adalah milik kami sendiri.