Dutch Boterkoek yang simpel cukup satu telur

Salah satu kudapan yang paling sederhana dan paling mudah membuatnya tanpa harus menunggu mengembang adalah jenis cake. Tinggal mencampur bahan kemudian panggang dalam oven. Dutch Boterkoek simpel yang akan saya share ini namanya lebih dikenal dengan Boterkoek.

Boterkoek
Boterkoek (Foto: dalamrumah.com)

 

Kue ini memiliki tekstur yang padat dan cenderung tidak mengembang. Bagian luar kue mirip dengan kue kering.  Gigitan awal kres tapi di dalam soft dan moist banget.

Cara membuatnya pun mudah sekali Moms, mungkin lebih mirip dengan chewy bar ya moms, yuk moms kita simak. Oya resep ini merupakan recook dari resep mba Tin tin Rayner ya

Bahan

220 gram tepung serbaguna saya memakai segitiga biru

100 gram salted butter

100 gram margarin (saya memakai blueband butter n cookie 200 gram)

1 butir telur

150 gram gula halus

25 gram susu bubuk full cream

½ sdt vanili bubuk

Olesan

1 butir kuning telur

Topping

Kacang kenari

butter halal anchor
Butter Anchor HALAL. Klik gambar untuk mendapatkan diskon menarik dari Lazada.

 

Cara membuat

  1. Panaskan oven 170 derajat celcius.
  2. Campurkan gula, margarin, butter, dan telur. Kemudian kocok sampai mengembang dan lembut pakai speed tinggi kira kira 5 menit.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung, susu dan vanili, aduk dengan spatula sampai rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 22 x 22 cm yang telah dialasi dengan kertas roti dan loyang telah diolesi margarin. Usahakan rata ya moms kalau saya bagian atas saya ratakan dengan plastik sambil sedikit ditekan-tekan.
  5. Olesi dengan kuning telur bagian atasnya dan kerat dengan garpu, motif sesuai selera aja ya moms, kemudian taburi dengan beberapa butir kacang kenari.
  6. Panggang selama 30 menit atau sampai matang dengan cara tes tusuk ya moms.
  7. Kue siap dinikmati bersama teh atau kopi favorit.

Hasilnya nikmat banget moms, recomended banget ya kue ini dan simple banget. Dutch boterkoek simpel ini juga bisa untuk ide usaha jualan ya moms. Selamat mencoba ya moms.

dcc
Dark chocolate compound HALAL. Klik gambar untuk diskon dan voucher dari Lazada.

 

Baca juga: Resep brownies simpel wajib dicoba 

 

 

Arliana Fajrin, S.Si.

S1 Biologi. Full mom hobi memasak dan menulis. Owner Adagamis store dan blog Dalamrumah. Terus belajar dan berbagi ilmu.


 

Disclosure:

Postingan ini mungkin berisi promosi produk jualan kami atau tautan afiliasi produk. Jika anda membeli melalui link rekomendasi kami, tidak ada biaya tambahan untuk Anda. Bahkan pada sejumlah produk dapat berpotensi mendapat diskon jika menggunakan kode referal. Dengan sistem ini, kami mungkin mendapat sedikit komisi dari pemilik produk.

Kami berusaha menulis kelebihan dan kekurangan produk secara obyektif. Kami hanya merekomendasikan produk yang kami gunakan sendiri atau berdasarkan studi literatur yang ada. Semua pendapat yang diungkapkan di sini adalah milik kami sendiri.