Cara membuat blog wordpress untuk pemula (2020) – bagian 1

Halo semua, banyak teman-teman yang enggan membuat blog karena menurut mereka cukup rumit. Oleh karena itu, saya akan berbagi cara membuat blog dengan WordPress bagi pemula.

Apalagi di jaman digital sekarang ini hampir 60 % orang di seluruh dunia mengakses internet. Personal website (blog) masih menjadi platform yang dapat diandalkan.

1. Mengapa blog?

Anda mungkin sekarang berpikir mengapa membuat blog, toh ada platform media sosial semacam facebook atau instagram. Mengapa harus capek-capek menghabiskan waktu dan tenaga dalam menulis blog? Menurut saya karena tiga hal di bawah ini:

Keberlanjutan

Baik, bagi anda kelahiran 90-an, masih ingatkah anda dengan platform friendster, mIRC, myspace, mig33, dan kawan-kawannya? Kemana mereka? Kemana akun yang anda buat bersama mereka?

friendster
Media sosial Friendster pernah berjaya di jamannya. Mereka secara resmi berhenti tahun 2015. (Tangkapan layar friendster.com)

 

Mungkin anda masih tidak percaya bahwa media sosial sangat dinamis. Coba anda perhatikan dan riset kecil. Tanyakan kepada orang tua anda atau umur 30 tahun ke atas, mereka akan lebih nyaman dengan facebook daripada instagram.

Sementara itu jika anda bertanya kepada adik anda yang masih remaja, dapat dipastikan mereka memilih instagram daripada facebook. Bahkan adik saya yang masih belia berkata “Masih ada ya yang pake facebook?”. Sadis.

Anda boleh percaya atau tidak, platform media sosial memiliki jaman-nya masing-masing. Sementara itu, blog atau website tetap ada sejak 25 tahun lalu sampai sekarang.

Profesionalitas

Bagaimana pendapat anda jika seseorang, dalam sebuah wawancara kerja, ditanya mengenai portofolio dan dijawab dengan akun media sosial? Terkesan gimanaa gitu. Beda kalau dia ngasih tautan personal website atau blog.

Atau, apakah seorang calon pembeli lebih percaya kepada penjual yang memiliki akun media sosial atau sebuah website resmi. Tentu saja yang terakhir lebih meyakinkan.

Personal website, walaupun sederhana, dapat menampakkan profesionalitas dan keseriusan anda akan suatu hal.

Bebas

Ibarat rumah, anda bebas menulis atau memformat blog sesuai keinginan anda. Bahkan, anda yang berhak membuat aturan sendiri. Kecuali hal-hal yang sensitif seperti copyright, pornografi, dan sejenisnya.

Platform blog memungkinkan anda berjualan, curhat, atau yang lainnya. Tanpa harus terikat dengan aturan 140 karakter, tidak boleh pasang link, rawan banned, dan aturan lain yang begitu mengikat di media sosial.

Nah, berdasarkan tiga alasan tadi, sudah saatnya anda membuat blog anda sendiri. Sustainable, Professional, and minimum rules.

Baik kita mulai untuk membahas cara membuat blog dengan wordpress bagi pemula.

 

2. Tentang domain dan hosting

Seperti saya sampaikan sebelumnya, bahwa blog ibarat rumah. Ada papan alamat, bangunan, dan tanahnya.

website ibarat rumah
Website ibarat rumah. (Gambar: “House” by Jason Pratt – CC BY 2.0)

 

Domain adalah papan alamat blog anda. Domain sebenarnya merupakan kode-kode angka, namun supaya mudah diingat maka dibuat dalam bentuk huruf, seperti blog ini www.dalamrumah.com.

Anda bisa mendaftarkan calon alamat domain anda ke banyak perusahaan registrar di Indonesia. Perusahaan-perusahaan tersebut menginduk kepada PANDI sebagai Registri di Indonesia.

Beberapa teman bahkan melakukan jual beli nama domain yang berpotensi dijual dengan harga tinggi. Baik domain baru ataupun domain lama. Contohnya yang dilakukan kakak saya yang juga menjual domainnya.

Desain blog anda ibarat model suatu rumah yang anda bangun. Seperti halnya rumah, desain tersebut bisa sederhana atau mungkin sangat megah. Rumah tersebut dapat dibangun dengan bantuan CMS (content management system). Nanti kita bahas di belakang ya.

Sedangkan Hosting ibarat tanah tempat membangun blog anda.  Tempat menyimpan data-data website anda tersebut. Yap, berupa komputer-komputer server yang dioperasikan oleh suatu perusahaan.

Banyak perusahaan lokal maupun internasional menyediakan fasilitas ini, nanti akan saya rekomendasikan perusahaan hosting yang dapat anda pilih.

Domain ibarat alamat rumah, desain web seperti bangunan rumah, dan hosting layaknya tanah tempat dibangunnya rumah.

Baik kita lanjutka bahasan tentang cara membuat blog dengan wordpress bagi pemula ini.

Baca juga: Tips mengatur keuangan rumah tangga

 

3. Memilih nama domain

Ungkapan “apalah arti sebuah nama” mungkin kurang pas kalau berkaitan dengan alamat (domain) blog anda.

Alamat yang singkat dan ‘mudah dibaca’ tentu saja lebih gampang diingat oleh siapa saja. Sepuluh huruf sudah cukup panjang bagi sebuah alamat domain.

Domain anda mewakili impresi calon pengunjung terhadap website anda. Kita bahkan dapat menebak apa kira-kira isi website hanya dengan membaca nama domain.

Nah, setelah anda memikirkan apa nama yang cocok, sekarang anda harus memilih TLD (Top Level Domain) bagi website atau blog anda. Ada banyak TLD yang dapat anda pilih seperti .com, .net, .biz, .xyz, .id, co.id, dsb.

Diantara TLD tersebut, .com masih menjadi primadona. Meskipun banyak juga sekarang yang sudah menggunakan TLD Indonesia yaitu .id ataupun .co.id.

Pilihlah nama yang mewakili anda atau bisnis anda. Segera daftarkan alamat domain anda sebelum diambil orang

Anda bisa membeli domain secara terpisah atau terintegrasi dengan hostingnya. Domain website ini saya beli dari Niagahoster.

 

4. Memilih CMS

CMS (Content Management System) sangat memudahkan anda dalam membangun personal website. Terutama bagi anda (dan saya), memanfaatkan CMS dapat menghemat waktu kita untuk membangun sebuah blog.

Yap, daripada anda menyusun batu bata kode-kode pemrograman, yang tidak semua orang mampu, anda bisa menggunakan CMS.

Terdapat berbagai CMS di dunia yang maya ini. Berikut urutan berdasarkan banyaknya pengguna: WordPress (27 juta), Wix (3,8 juta), Squarspace (1,9 juta), Joomla (1,8 juta), dan seterusnya.

Blog Dalamrumah ini saya bangun menggunakan CMS WordPress.

 

5. Mengapa saya memilih WordPress?

CMS WordPress ini open-source jadi ya gratis dipakai. Anda tinggal membeli jasa hosting dan membayar pendaftaran domain.

WordPress banyak dipakai secara keseluruhan atau sebagian oleh perusahaan-perusahaan besar seperti BBC, Blomberg, NYC, Facebook, dsb.

Kelebihan dari WordPress adalah user-friendly, SEO-friendly, dan cocok untuk blog ataupun e-Commerce.

Meskipun cukup mudah dalam instalasinya, anda harus meluangkan sedikit waktu untuk mengutak-atiknya. Tapi tenang, sudah banyak tutorial bertebaran di internet, termasuk tulisan ini. Hehe..

wordpress cms
Sebanyak 60% pengguna CMS memakai WordPress. (Gambar: “Got wordpress” by Javier Aroche – CC BY 2.0)

 

6. Hosting gratis atau berbayar

Beberapa CMS menyediakan platform hosting gratis bagi penggunanya. Saya berikan dua contoh yaitu Blogger dan WordPress.

Blogger

Blogger memberikan anda hosting dan domain gratis bagi anda. Sayangnya alamat domain anda harus ***.blogspot.com. Apakah ini tidak bagus? Tergantung kebutuhan anda sih.

Tapi domain TLD seperti ***.com terasa lebih profesional daripada jika ada tambahan blogspot di belakangnya.

Meskipun demikian, anda bisa membeli alamat domain ***.com kemudian anda arahkan (pointing) ke ***.blogspot.com anda tadi. Ibaratnya seperti kalau anda dapat rumah dan tanah gratis dari Blogger, kemudian papan alamatnya anda timpa dengan alamat anda yang baru.

Saya pernah melakukan itu, namun menyerah karena pilihan desain yang disediakan secara gratis oleh Blogger sangat terbatas. Selain itu, tidak dapat akses penuh untuk mengontrol hosting kita.

WordPress.com vs WordPress.org

Persis seperti hosting gratis dari Blogger, WordPress.com menawarkan hal yang serupa. Sayangnya memang alamat domain anda harus ***.wordpress.com. Selain itu, wordpress.com tidak dapat anda pointing seperti Blogger tadi.

Sedangkan wordpress.org menawarkan CMS gratis, namun anda harus menyisihkan uang untuk domain dan hosting. Ini yang banyak dipakai di seluruh dunia.

Saya merekomendasikan opsi wordpress.org ini. Mengapa? Terdapat ribuan template website gratis yang bisa anda pilih. Selain itu, anda lebih leluasa dalam mengatur hosting anda, sesuai uang kemampuan anda. Haha..

Hosting gratis menawarkan sesuatu yang sangat terbatas. Sedangkan hosting berbayar memungkinkan anda berkembang kelak kemudian hari.

 

7. Hosting terbaik di Indonesia

Jika target pengunjung anda berada di Indonesia, sebaiknya anda memilih hosting Indonesia. Ada tiga alasan untuk memilih penyedia hosting terbaik yaitu kecepatan server, uptime, dan pelayanan jika ada masalah.

  • Kecepatan server yang mendekati 100% mutlak diperlukan. Sebuah riset oleh Google menyebutkan bahwa 53% pengunjung akan pergi jika website tidak loading selama 3 detik.
  • Uptime menunjukkan waktu saat website anda online, artinya dapat diakses oleh pengunjung. Oleh karena itu, uptime merupakan faktor penting dalam memilih penyedia hosting (minimal 99,0 %).
  • Layanan pelanggan oleh perusahaan tersebut juga harus prima. Apalagi bagi anda yang baru pertama kali membuat website. Pelayanan yang responsif harus sangat anda pertimbangkan.

Situs Penasihat Hosting telah melakukan riset terhadap penyedia hosting di Indonesia dengan parameter tersebut. Hasilnya Niagahoster menjadi yang terbaik diantara 19 perusahaan penyedia hosting di Indonesia.

Pandangan obyektif saya, sepakat dengan Penasihat Hosting. Selama menggunakan Niagahoster di website ini, loading sangat cepat dan pelayanan sangat suportif. Customer service selalu live, jadi tinggal chat kalau ada trouble.

Oleh karena itu, saya merekomendasikan Niagahoster untuk hosting lokal Indonesia. Apabila tertarik, anda bisa mendaftar melalui tautan ini.

Total biaya yang dibutuhkan untuk hosting plus domain setahun (paket paling murah) adalah sekitar 400 ribuan. Anda akan mendapat diskon tambahan 5% jika memasukkan kode dalamrumah saat checkout. Sangat murah kan..

Hosting Unlimited Indonesia

 

8. Menginstal WordPress

Setelah anda mendaftarkan alamat domain dan membeli paket hosting, yang harus anda lakukan adalah memastikan nameserver domain anda sudah sesuai dengan server yang digunakan oleh penyedia hosting.

Selanjutnya, anda harus menginstal WordPress di hosting anda. Beberapa penyedia hosting seperti Niagahoster secara otomatis terinstal wordpress jika anda menghendaki. Ini sangat memudahkan bagi yang masih awam.

Selain itu, anda juga dapat dengan mudah melakukan instalasi wordpress dengan Softaculous ataupun dengan WordPress Management yang disediakan oleh penyedia jasa hosting. Tentu saja anda harus masuk terlebih dulu ke member area login dari penyedia hosting tersebut.

Setelah terinstal, anda dapat membuka dashboard (pusat kendali) wordpress dari situs anda. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat domain diikuti dengan /wp-admin. Contohnya ketik di browser anda: ***.com/wp-admin.

 

9. Memilih Tema WordPress

Ada ribuan tema gratis yang dapat anda instal. Saran saya, pilih yang sederhana dan compatible dengan versi wordpress anda. Bagaimana caranya? Mudah.

Pertama, login ke WordPress dengan email dan pasword anda saat menginstal WordPress. Caranya dengan mengetik alamat website diikuti dengan /wp-admin di browser anda. Misalnya ***.com/wp-admin.

login wordpress
Tangkapan layar login ke WordPress (dok. pribadi).

 

Setelah itu, anda akan menjumpai dashboard WordPress anda. Pada bagian samping kiri terdapat menu yang harus anda jelajahi satu per satu untuk mengetahui fungsinya.

cara membuat blog dashboard
Tangkapan layar dashboard WordPress (dok. pribadi)

 

Selanjutnya, anda dapat memilih tema blog anda dengan memilih diantara ribuan tema WordPress. Caranya klik menu ‘appearance’ >> ‘themes’.

Pilih tema yang sesuai dengan keinginan anda, kemudian klik ‘install’ >> ‘activate’. Anda dapat memilih ‘live preview’ untuk melihat terlebih dahulu bagaimana tampilan penuh dari tema pilihan anda.

Setelah klik ‘activate’ anda bisa mengunjungi blog anda untuk mengecek apakah tema sudah terpasang.

Meskipun tema dapat diganti sesuka anda, saya tidak menyarankan anda sering berganti-ganti tema. Jika anda sering mengganti tema, maka waktu anda akan habis untuk mengatur ulang berbagai hal di dalam blog anda.

Pilihlah tema yang ringkas, enak dibaca, dan tentu saja SEO friendly. Satu lagi, pastikan tema yang anda pilih compatible dengan versi WordPress anda.

Silakan dicermati gambar cara menginstal dan mengaktivasi tema di bawah ini.

Cara memilih tema wordpress
Langkah menginstal tema WordPress (dok. pribadi)

 

10. Mengatur tampilan blog

Tahap selanjutnya dalam cara membuat blog WordPress bagi pemula adalah mengatur tampilan blog.

Sejumlah pengaturan perlu anda lakukan untuk menyesuaikan ukuran huruf, warna huruf, background, dsb. Anda bisa melakukannya secara live dengan masuk ke menu ‘Appearance’ >> ‘Customize’.

cara membuat blog
Tampilan blog dapat diatur dengan mudah. (dok. pribadi)

 

Anda dapat menjelajahi setiap menu di samping kiri. Preview akan tampak di sebelah kanan. Menu tiap tema WordPress dapat berbeda. Gambar di atas untuk tema OceanWP.

  • Pada menu ‘site identity’, anda dapat mengisikan nama blog anda beserta jargonnya. Anda juga bisa menambahkan logo kecil yang biasanya ada di tab browser, seperti huruf M kalau di blog kami ini.
  • ‘Menu’ berisi pengaturan menu apa saja yang muncul di bagian atas atau bagian lain blog anda. Silakan gambar di atas, ada menu ‘home’, ‘ruang tengah’, ‘kamar tidur’ dsb.
  • Menu ‘Widget’ berisi pengaturan bagian tepi dari blog anda, apakah samping, atas, atau bawah. Anda bisa menambahkan gambar, daftar postingan, identitas penulis, daftar tag, dan iklan.
  • ‘Homepage’ untuk mengatur apakah halaman awal anda berupa halaman statis atau postingan-postingan terbaru anda.
  • Selanjutnya, menu ‘General setting’ dapat anda buka untuk mengatur lebar blog, background, warna dsb. ‘Typography’ untuk pengaturan ukuran huruf dan warnanya.

Nah, anda bisa lanjutkan pengaturan hingga sesuai dengan keinginan anda. Jangan lupa klik tombol ‘publish’ untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan.

Butuh waktu untuk mengatur tampilan blog anda. Jadi saya berharap anda bersabar dalam prosesnya.

 

Finally…

Demikian cara membuat blog dengan WordPress bagian pertama. Selanjutnya untuk menginstal plugin-plugin yang wajib untuk WordPress di artikel yang lain. Silakan simak di cara membuat blog dengan WordPress bagi pemula bagian ke-2 ini.

 

 

Rahadian Yudo Hartantyo

Lecturer. Illustrator. Content writer.

 


Disclosure:

Postingan ini mungkin berisi tautan afiliasi produk. Jika anda membeli melalui link rekomendasi kami, tidak ada biaya tambahan untuk Anda. Bahkan pada sejumlah produk dapat berpotensi mendapat diskon jika menggunakan kode referal. Dengan sistem ini, kami mungkin mendapat sedikit komisi dari pemilik produk.

Kami berusaha menulis kelebihan dan kekurangan produk secara obyektif. Kami hanya merekomendasikan produk yang kami gunakan sendiri atau berdasarkan studi literatur yang ada. Semua pendapat yang diungkapkan di sini adalah milik kami sendiri.