You are currently viewing 14 Ide Dekorasi Rumah Gaya Minimalis

Berikut ini merupakan 14 ide dekorasi rumah terbaik dengan gaya minimalis:

1. Cermin dinding

Keberadaan cermin di dalam rumah memunculkan efek luas pada ruangan. Seakan terdapat ilusi optik yang menyebabkan perasaan lega bagi orang yang berada di dalam ruangan tersebut. Barangkali itu juga yang dimanfaatkan oleh penjual buah di tepi jalan yang selalu memajang cermin di belakang koleksi buah mereka.

Supaya terkesan tidak monoton, lebih baik Anda memilih cermin yang bervariasi di setiap ruangan. Anda dapat memadukan cermin dengan orientasi horisontal maupun vertikal. Selain itu, bingkai cermin perlu Anda pertimbangkan agar senada dengan style ruang Anda.

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

 

2. Tanaman hias dalam ruangan

Penelitian membuktikan bahwa warna hijau menciptakan efek relaksasi bagi manusia. Penempatan tanaman indoor diharapkan memberikan efek yang serupa. Pilihlah tanaman yang proporsional dengan luas ruangan serta gaya yang Anda terapkan dalam ruangan tersebut.

Anda dapat memilih tanaman sukulen seperti kaktus yang minim perawatan atau yang berdaun lebar seperti keluarga talas. Anda dapat melihat koleksi tanaman hias dengan harga terjangkau di toko Aroid ID. Mungkin Anda juga bisa memilih tanaman kering atau tanaman sintetis yang ‘nol’ perawatan.

Photos from Pexels

Perlu diingat bahwa tumbuhan melakukan fotosintesis pada siang hari dan pernapasan pada malam hari. Artinya pada siang hari mereka menghasilkan oksigen, sedangkan pada malam hari menghasilkan karbondioksida. Oleh karena itu sebaiknya tidak menempatkan terlalu banyak tanaman dalam ruangan yang tertutup.

Baca juga: Ngontrak vs beli rumah, pilih mana?

 

3. Meja dan kursi transparan

Meja dan kursi transparan dapat Anda pilih untuk menimbulkan efek tembus pandang. Selain itu, ada kesan futuristik dan modern jika Anda menggunakannnya. Bahan fiberglass atau akrilik dapat Anda pilih karena materialnya kuat dan sangat ringan.

Pilihlah material akrilik yang tebal dan berkualitas supaya dapat menahan beban dengan baik. Pemberian lapisan pada permukaan akrilik dapat mencegah goresan yang tidak diinginkan pada akrilik tersebut.

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

 

4. Warna dinding cerah

Warna dinding merupakan elemen krusial dalam desain interior rumah. Pemilihan warna dinding umumnya merupakan selera dari pemilik rumah. Namun, sebaiknya hal ini dapat dikompromikan dengan tujuan dari konsep ruangan yang dianut.

Penyesuaian terkadang perlu dilakukan untuk menyatukan psikologi warna dengan favorit sang pemilik rumah. Warna-warna cerah menimbulkan efek psikologi yang baik seperti segar, ceria, dan bersemangat. Tentunya kompromi perlu dilakukan jika sang pemilik rumah mempunyai warna favorit biru tua yang terkesan dingin. Mungkin dapat sedikit digeser menjadi biru muda yang terasa lebih segar atau fresh.

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

 

5. Furniture simpel dan efisien

Pilihlah furnitur yang simpel dengan ornamen sederhana dan minimalis. Ornamen yang berlebihan dapat memakan lebih banyak space dalam ruangan. Selebihnya, pilihlah furnitur yang berukuran kecil dan pastikan masih tersisa ruang gerak yang cukup di ruangan tersebut.

Photo by Max Vakhtbovych from Pexels

 

6. Pencahayaan memadai

Pencahayaan alami dapat mengurangi penggunaan lampu di dalam ruangan. Dengan kata lain, dapat mengurangi jumlah barang dalam ruangan tersebut. Anda dapat memanfaatkan jendela atau glass box pada dinding untuk masuknya cahaya dari luar.

Seandainya memang perlu menambahkan beberapa lampu di sudut ruangan, pilihlah desain yang minimalis namun kokoh. Anda juga dapat mengoptimalkan lampu gantung atau lampu dinding daripada lampu meja.

Photo by Vecislavas Popa from Pexels

 

Pemilihan warna tirai dan bedcover, dan tentu saja warna dinding, sangat mempengaruhi pencahayaan ruangan. Semakin cerah warna, semakin banyak cahaya yang dipantulkan oleh permukaan benda tersebut. Akibatnya kebutuhan lampu dapat dikurangi jumlah maupun watt-nya.

 

7. Perabot multiguna

Pada zaman kekinian ini, produsen berlomba-lomba untuk menciptakan perabot multiguna. Perabot tersebut seperti meja yang dapat dilipat ke dinding, tempat tidur dengan rak penyimpanan, kursi yang dapat diubah menjadi beragam fungsi dan sebagainya. Memilih perabot multiguna dapat menghemat space dengan signifikan. Pilihlah sesuai kebutuhan dan perhatikan keawetan barang tersebut.

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

 

Lihat juga: Gaya rumah Amerika yang dapat menjadi inspirasi

 

8. Garis mendatar

Selanjutnya, ide dekorasi rumah terbaik minimalis adalah membuat garis mendatar. Seperti halnya cermin pada dinding, garis horisontal pada dinding juga dapat menciptakan efek luas pada ruangan. Ilusi yang terasa seperti memandang garis cakrawala yang memanjang di lautan. Tentu saja, perlu dipikirkan supaya garis tersebut dapat menyatu dengan desain keseluruhan ruangan.

Image by PIRO4D from Pixabay

 

9. Langit-langit tinggi

Memanfaatkan tinggi langit-langit merupakan salah satu faktor krusial untuk memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah. Akan sangat terasa pada ruangan yang berukuran sempit. Langit-langit yang tinggi meningkatkan volume ruangan dengan nyata sehingga ruangan terasa lebih lega walaupun luasan horisontalnya sempit.

Perlu diingat pula bahwa udara panas akan mengalir ke atas sehingga langit-langit yang tinggi akan membantu memberikan udara yang lebih sejuk bagi orang yang berada di ruangan tersebut.  Terutama bagi ruangan tanpa air conditioner.

Photo by Vecislavas Popa from Pexels

 

10. Elemen netral

Gaya minimalis juga menitikberatkan pada kesederhanaan dalam variasi warna. Sebaiknya sedikit mungkin menggunakan kombinasi warna. Hindari warna yang norak dan mencolok untuk menciptakan suasana simpel dan minimal.

Seandainya warna tidak sama persis, Anda dapat menggunakan warna yang mirip-mirip. Warna-warna seperti putih ataupun warna pastel merupakan pilihan yang terbaik.

Photo by Vecislavas Popa from Pexels

 

11. Rak buku tinggi

Rak buku tinggi perlu dipilih untuk meringkas koleksi buku Anda yang cukup banyak. Rak tersebut dapat digunakan untuk memanfaatkan tinggi ruangan sekaligus menghemat space pada ruangan tersebut.

Perlu diperhatikan safety dari rak tinggi terkait dengan kerawanan ambruk dalam kondisi tertentu misalkan gempa bumi. Di Jepang, rak tinggi harus di-baut dengan dinding supaya tidak runtuh ketika gempa terjadi.

Image from Pexels

 

12. Karpet polos

Karpet dapat Anda gunakan untuk memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah. Motif polos ataupun motif besar namun sederhana perlu Anda pertimbangkan untuk mempertahankan konsep minimalis ruangan Anda.

Photo by julie aagaard from Pexels

 

13. Kursi Ottoman

Kursi Ottoman merupakan perabot yang multiguna. Jenis kursi ini dapat Anda tambahkan di dalam ruangan karena dapat digunakan untuk duduk, sandaran kaki, ataupun sebagai tempat meletakkan sesuatu. Ukurannya yang kecil dan ringan juga memudahkan untuk dipindahkan sesuai kebutuhan Anda. Pilihlah warna kursi Ottoman yang senada dengan ruangan Anda.

Photo by Emre Can Acer from Pexels

 

14. Hiasan dinding

Hiasan dinding dapat mempertegas konsep minimalis Anda. Bagaimana caranya? Anda dapat memilih hiasan dinding dengan desain yang simpel. Seperti lukisan dengan bingkai yang sesuai dengan konsep warna Anda.

Photo by Zarak Khan from Pexels

 

Demikian 14 ide dekorasi rumah terbaik dengan gaya minimalis yang dapat Anda aplikasikan pada rumah kesayangan Anda.

Inspirasi tulisan ini dari rumah.com, dekoruma.com, dan sumber lainnya. Featured Image by Max Vakhtbovych from Pexels.